Gol Aris (6) selamatkan Persekabpur dari kekalahan. /foto: @cahyoayok
Purworejo - Persekabpur menjaga peluang lolos ke semifinal setelah meraih poin 1. Pada pertandingan kedua Grup N Babak 8 Besar Divisi 2 kemarin sore (14/7) di Std. WR Soepratman, Persekabpur bermain imbang 1-1 melawan klub asal Papua Barat, Persisos Sorong Selatan. Aris Winarso (6) yang mencetak gol pada menit ke-80 menyelamatkan Persekabpur dari kekalahan setelah sebelumnya pemain no. 3 Persisos mencetak gol lebih dulu.

Sejak awal pertandingan, Persekabpur dengan formasi seperti biasanya, 4-2-3-1, langsung mencoba membangun serangan. Peluang pertama dibuat oleh Ardi (11). Diawali dengan umpan lambung dari Rifqi (12) yang mengisi posisi right full back, bola mampu dikontrol dengan baik oleh Ardi dan diteruskan dengan tendangan ke arah gawang. Namun, bola hanya melambung di atas gawang Persisos.

Asyik menyerang, pertahanan Persekabpur bobol pada menit ke-8. Berawal dari serangan yang rapi, pemain tengah Persisos melakukan trough pass dan tak mampu dihalau pemain belakang Persekabpur. Dengan mudah, pemain nomor 3 Persisos mengecoh Ridho (30) dan mencetak gol pembuka pada pertandingan sore kemarin.

Usai mencetak gol, Persisos mengambil alih penguasaan bola. Berkali-kali serangan dilancarkan ke pertahanan Persekabpur. Persisos yang menggunakan formasi 3-5-2 mengandalkan serangan dari kedua sektor sayapnya dan sesekali dari tengah yang cukup merepotkan pertahanan Persekabpur. Salah satunya tendangan dari pemain tengah Persisos nomor 16 yang nyaris membobol gawang Persekabpur. Beruntung, Ridho cukup sigap menepis bola dan bola hanya membentur mistar gawang. 

Sementara itu, serangan dari Persekabpur yang berusaha menyamakan kedudukan berhasil dipatahkan pemain belakang Persisos di depan kotak penalti. Tapi, Persekabpur bukan tanpa peluang. Melalui kedua sayapnya, Kresno (7) dan Ardi, Persekabpur berhasil menembus pertahanan Persisos. Satu peluang emas dibuat oleh Kresno yang berhasil melewati pemain belakang Persisos memanfaatkan umpang lambung dari tengah. Namun, bola tendangan Kreno masih berhasil diblok oleh kiper Persisos. Babak pertama berakhir, Persekabpur tertinggal 0-1 dari Persisos.

Awal babak kedua, permainan cenderung berimbang. Persisos membuka peluang mencetak gol melalui pemain nomor 19-nya. Akselerasinya nyaris membobol gawang Persekabpur untuk yang kedua kali, tapi Ridho masih sigap memblok bola. Bola yang lepas langsung diamankan oleh Aris.

Peluang pertama Persekabpur dibuat oleh Syarif (16) melalui tendangan bebas di sektor sayap kanan setelah terjadi pelanggaran yang dilakukan oleh pemain Persisos. Namun, bola tendangan kaki kiri Syarif hanya menyamping tipis di kanan gawang kiper Persisos. Hingga menit ke-55, Persekabpur masih tertinggal 0-1.

Pergantian pertama dilakukan Coach Sis pada menit ke-60. Anton (19) masuk menggantikan Kresno. Pergantian ini sedikit mengubah serangan Persekabpur yang kemudian mulai mendominasi serangan. Peluang emas berikutnya didapat oleh Samuel (18) yang memanfaatkan bola muntah. Dengan sundulan kepalanya, Samuel nyaris mencetak gol andai bola tidak membentur mistar gawang.

Serangan bertubi-tubi Persekabpur akhirnya membuahkan hasil. Berawal dari tendangan pojok di sisi kanan, Ardi mengirimkan umpan ke depan kotak penalti. Bola yang melambung disambut oleh Aris yang diteruskan dengan sundulan kepalanya ke dalam gawang Persisos. Menit ke-80, Persekabpur menyamakan kedudukan 1-1.

Persekabpur terus menggempur dalam sisa waktu yang tinggal 10 menit. Demikian juga dengan Persisos yang sesekali melakukan serangan balik. Pergantian kedua di kubu Persekabpur, Cahyo (10) menggantikan Samuel. Baru beberapa menit masuk, Cahyo nyaris mencetak gol andai bola tendangannya tak melambung tinggi. 

Sisa 5 menit, pertandingan makin keras. Beberapa pelanggaran dilakukan oleh pemain kedua kesebelasan. Soni (13), kapten Persekabpur, diganjar kartu kuning oleh wasit Sumadi Otong setelah melanggar pemain Persisos. Soni pun harus absen pada pertandingan terakhir karena akumulasi kartu. Sebelumnya, Soni juga telah mendapat kartu kuning pada pertandingan perdana melawan Bintang Jaya Asahan kemarin Kamis (12/7).

Pertandingan berakhir dengan skor imbang 1-1. Dengan hasil ini, Persekabpur masih berpeluang lolos ke semifinal dengan syarat harus menang dengan selisih 2 gol atas Perseden Denpasar yang sebelumnya menang 1-0 atas Bintang Jaya kemarin (14/7). Persekabpur akan melawan Perseden sore ini (15/7) mulai pukul 15.00 WIB di Std. WR Soepratman. (@aritsantoso)

0 comments:

Post a Comment

 
Top